STRATEGI MENJADI GURU INSPIRATIF DI MASA PANDEMI
(PKM DI TK DAN SDI AL KAUTSAR BINTARO SCHOOL)
DOI:
https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.1Keywords:
Guru Inspiratif, Ice Breaking, public speakingAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Strategi Menjadi Guru Inspiratif di Masa Pandemi” ini bertujuan untuk membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, aktif, edukatif serta menyenangkan dalam pembelajaran khususnya di masa pandemi. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam menyampaikan materi pelajaran, dibutuhkan satu alternatif bagi pemberdayaan kemampuan guru sehingga para peserta didik dapat merasakan belajar dengan sesungguhnya dan penuh dengan rasa kebahagiaan. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh pengajar di SDI Al Kautsar Bintaro School. Metode pelaksaaan kegiatan ini antara lain: metode observasi, metode diskusi, dan metode simulasi. Kegiatan PKM ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara umum, kegiatan PKM berjalan seperti yang telah direncanakan dan memberikan kesan yang sangat menyenangkan, menambah wawasan dan guru-guru merasa termotivasi untuk memberikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didiknya dengan menerapkan ilmu-ilmu yang sudah dilatihkan di kegiatan ini
Downloads
References
Anwar, M. R. (2019). Guru PAUD dan Kemampuan Public Speaking di Era MEA. Jurnal Lonto Leok, 2(1), 56–61. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jilpaud/article/view/338/227
Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1), 37–47.
Haifaturrahmah, H., Fujiaturrahman, S., Muhardini, S., & Nurmiwati, N. (2020). Pelatihan Ice Breaking Bagi Guru SD sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Awal Pembelajaran di Kelas. Journal of Character Education Society, 3(1), 70–77.
Luthfi, M. F. (2014). Pembelajaran Menggairahkan Dengan Ice Breaking. Jurnal Studi Islam Madinah, Vol. 11(1), 103–107.
Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini terhadap Pelajaran. Alim Journal of Islamic, I(2), 389–400.
Mustikasari, R., & Harida, R. (2020). Apersepsi pembelajaran melalui stand-up comedy untuk meningkatkan motivasi belajar mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan, 21(2), 111–121.
Novauli. M, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1), 45–67.
Nurrahmah, A., Karim, A., & Suhendri, H. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1399
Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro., & Fauzia, V. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30.
Randiana, H. (2020). Apersepsi pembelajaran melalui cerita-cerita lucu untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme guru dengan metode pembelajaran tutor sebaya di SMAN 21 Garut. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 18–28.
Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109–114. file:///C:/Users/TOSHIBA/Downloads/444-Article Text-1327-1-10-20180827.pdf
Siregar, E. F. S., & Sari, S. P. (2020). Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550–556. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4376
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Community Services and School Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium